GERAK LURUS BERATURAN (GLB) DAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)

 

Dalam gerak, kita mengenal gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Tahukah kamu ada perbedaannya? simak penjelasan berikut!


1. Pengertian Gerak lurus beraturan 

(GLB) adalah gerak lurus suatu objek, di mana dalam gerak ini kecepatannya tetap dikarenakan tidak adanya percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu. Jadi, nilai percepatan pada objek yang mengalami GLB adalah nol (a = 0).


Grafik di bawah ini merupakan grafik kecepatan terhadap waktu pada GLB.



Rumus GLB

V = s/t

a = 0

Keterangan :

·        s = jarak tempuh (m)

·        v = kecepatan (m/s)

·        t = waktu (s)


2. Pengertian Gerak lurus berubah beraturan 

(GLBB) adalah gerak lurus suatu objek, di mana kecepatannya berubah terhadap waktu akibat adanya percepatan yang tetap. Akibat adanya percepatan, rumus jarak yang ditempuh tidak lagi linier melainkan kuadratik. Jadi, gerak lurus berubah beraturan adalah gerak benda dengan lintasan garis lurus dan memiliki kecepatan setiap saat berubah dengan teratur.


3. Jenis GLBB

Ada 2 jenis gerak lurus berubah beraturan atau GLBB, diantaranya sebagai berikut ini:

1. GLBB Dipercepat

GLBB atau gerak lurus berubah beraturan dipercepat yaitu gerak pada suatu benda dengan lintasan yang lurus dengan kecepatan yang bertambah secara beraturan atau dengan kata lain benda mengalami percepatan yang tetap atau konstan. Contohnya: Saat buah kelapa jatuh dari pohonnya.

2. GLBB Diperlambat

GLBB atau gerak lurus berubah beraturan diperlambat yaitu gerak pada suatu benda dengan lintasan yang lurus dan dengan percepatan yang berkurang secara beraturan, atau bisa disebut juga benda mengalami perlambatan yang tetap atau konstan. Contohnya: Saat kamu melemparkan benda ke atas.

Suatu benda yang melakukan Gerak Lurus Berubah Beraturan mempunyai percepatan yang salalu tetap sehingga grafik percepatan terhadap waktu (grafik a-t) yang berbentuk garis lurus horizontal yang sejajar terhadap sumbu waktu, t.

Kalo kamu melempar suatu benda ke atas atau vertikal benda akan mengalami pengurangan kecepatan dalam selang waktu yang sama yang kamu ketahui benda tersebut mengalami perlambatan atau percepatan negatif.

Saat GLBB diperlambat benda tersebut mengawali pergerakan dengan suatu kecepatan tertentu dan selalu mengalami pengurangan kecepatan dan suatu waktu benda tersebut berhenti atau kecepatan berakhir v=0 dan akan berbalik arah.

Grafik di bawah ini merupakan grafik kecepatan terhadap waktu pada GLBB.



Rumus GLBB

Vt = v0 + a x t

Atau,

S = v0 x t + ½ x a x t2

Atau,

Vt2 = V02 + 2 x a x s

Keterangan:

  • Vt = Kecepatan waktu pada sebuah benda (m/s)
  • V0 = Kecepatan awal sebuah benda (m/s)
  • a = Percepatan (m/s2)
  • s = Jarak (m)
  • t = Waktu (s)


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar